Header Ads

 kaskus

Terhindar Dari Penyakit Stroke? Ini Caranya

Healthy - Stroke merupakan salah satu penyakit yang di sebabkan hilangnya sirkulasi darah ke otak. Stroke dapat menjadi semakin parah saat kadar oksigen di otak berkurang.

Menurut WHO, stroke adalah salah satu penyakit kardiovaskular yang paling umum terjadi di dunia, bahkan melebihi penyakit jantung. Stroke juga menjadi salah satu penyebab utama kematian di seluruh dunia. Orang yang paling berisiko terkena stroke adalh orang yang berusia 40 sampai 60 tahun.

Penyakit ini terbagi ke dalam 2 jenis, pertama stroke iskemik. Stroke iskemik disebabkan oleh penyumbatan arteri. Menurut American Heart Association, 87 persen stroke menyerang manusia adalah stroke iskemik.


Yang kedua adalah hemorhagic stroke. Tipe ini di sebabkan oleh pembuluh darah yang pecah, entah itu terjadi di otak atau di tempat lain.

Berikut ini beberapa cara untuk mencegah stroke:

Rajin bergerak dan berolahraga
Menjalani kebiasaan sehat dengan rajin berolahraga merupakan salah satu cara mencegah stroke. Caranya, dengan berolahraga setidaknya 30 menit sehari.

Menjaga berat badan ideal
Memiliki berat badan ideal merupakan salah satu cara tetap sehat. Cobalah turunkan berat badan jika anda memiliki berat badan berlebih.

Hindari penggunaan obat
Obat-obatan dapat memberikan efek samping dan meningkatkan risiko stroke. Jika anda harus mengkonsumsi obat tertentu, pastikan obat tersebut benar-benar di butuhkan dan pemakaiannya di pantau langsung oleh dokter.

Menjalani diet seimbang
Untuk mencegah stroke, makanlah makanan yang dapat mengurangi risiko stroke, di antaranya buah-buahan, gandum, protein, ikan dan sayuran.

Selain itu, hindari makanan kemasan yang telah mengalami banyak proses dan mengandung lemak dan pengawet. Jagalah kesehatan sewaktu muda